1.7.12

The Best Exotic Marigold Hotel (2011) : Review



Sebagai pecinta film terutama genre drama, saat ini sangat sulit untuk menemukan satu film yang bagus dari segi cerita maupun akting pemain. Entah itu karena memang saya kurang begitu ‘mencari’ lebih dalam soal katalog film, atau mungkin karena memang pilihan film seperti ini memang sedikit. Melihat sekarang ini yang tersedia justru lebih banyak dari genre action, fantasy  dan horror. Ada beberapa pilihan drama, tapi saya sering ketemu yang punya alur njlimet, atau berakhir tidak sesuai dengan ekspektasi.  3 hari yang lalu saya secara nggak sengaja ketemu DVD yang sudah jadi incaran, judulnya ‘The Best Exotic Marigold Hotel’.


FOX SEARCHLIGHT PICTURES
Sutradara : John Madden
Penulis Skenario : Ol Parker
Cast: Judi Dench, Bill Nighty, Tom Wilkinson, Maggie Smith, Celia Imrie, Ronald Pickup, Penelope Wilton, Dev Patel.


Film bercerita tentang tujuh orang  yang sudah tidak muda lagi dan dalam masa pensiunan yang secara tidak sengaja bertemu dalam satu destinasi liburan. Tujuh orang ini memiliki permasalahan pribadi yang berbeda-beda; masalah keuangan, kesehatan, keluarga, masa lalu dan identitas. Mereka memilih untuk berlibur di satu hotel yang bernama The Best Exotic Marigold Hotel di Jaipur (India), yang punya tagline " hotel for the elderly and beautiful". Keistimewaan yang ditawarkan oleh hotel ini melalui promo via internet  ternyata hampir sebagian besar merupakan sebuah kebohongan. Hotel ini hanya sebuah hotel tua yang sudah lama tidak dihuni dan dalam proses untuk dipertahankan keberadaannya (karena ada isu akan dihancurkan).



7 orang yang sudah terlanjur disana  dan sebagian besar berada dalam masalah keuangan mau tidak mau harus menunggu dan menghabiskan waktu di hotel ini. Dari sinilah cerita bergulir, satu persatu mulai mencari untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Mereka berbaur di tengah riuh ricuh kota yang bertolak belakang dengan tempat asal. Mereka yang sebagian besar awalnya merasa tidak nyaman dengan kota ini pada akhirnya menerima dan menikmati, walau ada satu orang yang terus dipenuhi dengan aura negatif. 7 orang yang tidak saling kenal ini akhirnya saling terbuka bercerita satu sama lain tentang permasalahan yang mereka miliki. Beberapa diantaranya bisa menyelesaikan permasalahan sedangkan ada juga yang malah bertemu dengan masalah baru. Selain 7 tokoh utama, ada bagian kecil yang diangkat sebagai cerita pelengkap, yaitu dari tokoh pemilik hotel ini yang diperankan oleh Dev Patel.



Apa keunggulan film ini? Cerita film ini memang sederhana, tapi dengan deretan cast yang tampil memukau, hasilnya tentu  berbeda. Lalu setting Jaipur yang penuh warna khas India juga memanjakan mata. Hanya saja kalau boleh jujur, ending film ini menurut saya sedikit kedodoran.

Film ini seolah mengingatkan saya dengan film dengan tema serupa, sebut saja Everybody’s Fine, Another Year, The Begginers. Terkadang kita yang muda-muda ini (termasuk saya) terlalu asyik dengan dunianya sendiri, sampai kita lupa bahwa ada sosok orang tua di rumah yang mungkin terlihat baik-baik saja namun mungkin sebenarnya merasa kesepian dan butuh teman untuk ngobrol.

Saya jadi sedikit minder dengan tokoh utama film ini, sudah lanjut usia masih berani travelling sendirian kok ya saya suka ciut duluan nyalinya kalau ingin liburan sendirian. Oh iya, ada satu quote dari film ini yang saya suka : Everything will be alright in the end, if it’s not alright then it’s not yet the end. Selamat menonton film ini, semoga review singkat saya ini tidak mengandung spoiler ya.

The Best Exotic Marigold Hotel (9/10).



(Gambar diambil dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar: