27.10.12

Top 10 K-Pop singles in 2012 (so far)


2012 sudah masuk di bulan ke 10, segera berakhir dan seperti biasa saya memutuskan untuk bikin list terbaik dan terburuk . Saya mulai serius mengikuti perkembangan k-music sejak pertengahan 2009, dimulai dengan SNSD, girlband/boyband sejenis lalu mulai beralih untuk mengenal genre dan musisi diluar agensi besar (SM, JYP & YG). Dengan bermodal pengetahuan yang masih cetek, ini adalah 10 lagu Korea terbaik sampai dengan Oktober 2012.

1.  Sunny Hill – The Grasshoper Song (Januari 2012)


Pertama kali mulai menaruh perhatian ke mereka sejak ‘Midnight Circus’. Komposisi yang terdiri dari 4 wanita dan 1 pria sekilas merupakan hal yg aneh. Lagu ini masuk list karena liriknya yang bertema non percintaan, tentang  cobalah sekali-kali berontak dari sistem kehidupan yang monoton. Bagian reff lagu ini punya efek candu, ring a ring a ring.

2. John Park – Falling (Februari 2012)


Beberapa orang mungkin mengenal dia melalui American Idol. John Park yang setau saya punya jenis vokal yg sangat bass, ternyata bisa menyanyikan lagu yg sedikit jazzy ini dengan falset yg unik.

3. Big Bang – Bad Boy ( Maret 2012)


Inilah dia boyband favorit yang kebetulan konsernya kemarin sempat saya tonton. Saya suka single pertama mereka, Blue. Tapi di ‘Bad Boy’ ini saya melihat mereka mampu membuat lirik yang manis tapi tidak kehilangan ciri khasnya. Oh kebetulan sudah lama saya menantikan mereka membuat lagu seperti ini.

4. Sistar – Alone (April 2012)


Setelah beberapa single mereka cenderung terlalu pop, lagu ini membuktikan bahwa mereka bisa tampil dewasa dan sexy. Awalnya agak susah untuk suka dengan Alone, tapi setelah didengar beberapa kali akhirnya suka. Bisa dibilang ini lagu terbaik mereka (menurut saya).

5. Busker Busker - Cherry Blossom Ending (April 2012)


Saya kurang mengikuti talent show Korea. Kehebohan busker-busker terjadi ketika mereka punya 3-4 lagu sekaligus dalam berbaga chart di bulan April. Lagu ini sangat manis dan cocok untuk didengar sambil bersantai di sore hari. Suara vokalis yg unik, sentuhan jazz dan akustik tentunya merupakan hal baru yang layak didengar.

6. IU – Peach (Mei 2012)


Setelah kesuksesan Good Day & You and I, saya sebenarnya rindu dengan IU pada saat dia masih aktiv dengan gitar akustiknya dan menyanyikan lagu dengan simple, seperti yang sering saya lihat di Youtube. Digital song ini akhirnya menjadi jawaban, IU dengan suara cute dan hanya diiringi gitar.

7. Psy – Gangnam Style (Juli 2012)


Mungkin beberapa sudah bosan dengan lagu ini, saya juga begitu. Hal yang membuat Psy, si penyanyi kontroversial, bisa berhasil untuk skala Korea adalah video clip Gangnam Style, yang sebenarnya adalah sindiran bagi ‘kaum kelas atas – gangnam’ . Barulah mendunia karena ‘joged’ menunggang kuda.

8. Brown Eyed Girl – One Summer Night (Juli 2012)


Di awal kemunculan mereka, BEG dikenal mempunyai kualitas vokal yang baik. Cukup dikenal oleh pasar dan berada dipuncak popularitas setelah ‘Abracadabra’ muncul, lalu diikuti dengan track dance yang seolah menenggelamkan vokal. Lewat The Original yang berisi 2 track yang salah satunya One Summer Night, mungkin kebanyakan orang akan tahu bahwa mereka berbeda dengan girlgroup lain, mereka memang punya vokal dan musikalitas yang baik.

9. Urban Zakapa – I Hate You (September 2012)


Band yang terdiri dari 9 orang dengan 3 orang vokalis, sebenarnya sudah aktiv sejak 2009. 2012 bisa dibilang jadi tahun keberuntungan mereka. I Hate You merupakan ballad dengan lirik yang sedih dan vokal dengan penghayatan yang dalam.

10. Miss A – I Don’t Need A Man (Oktober 2009).


Awalnya saya agak takut dengan konsep lagu ini yang mengadaptasi Independent Woman milik Destiny’s Child, tapi ternyata ketakutan saya tidak terjadi. Lagu ini sangat ear-catching. Melodi yang gampang diingat dengan lirik yang lucu dan terdengar angkuh. Comeback mereka yang berhasil setelah Touch yang flop.

5 lagu yang hampir masuk list top 10.
1. Orange Caramel – Lipstick
2. Infinite – The Chaser
3. Boa – Only One
4. Busker Busker – If You Really Love Me
5. Epik High – It’s Cold

5 lagu yang merupakan ‘the worst comeback’
1. SPICA – I’ll Be There
2. Wonder Girls – Like This
3. Super Junior – Secy, Free & Single
4. T-ara – Sexy Love
5. Beast – Beautiful Night

Semua list di atas merupakna opini pribadi jadi maaf kalau ada terdapat perbedaan selera, kalau versi kamu mana, boleh tau?

:)

Tidak ada komentar: